Joint Clixsense Now :

26.12.08

Internet Marketing-Menggapai Jutawan (4-habis)

Cara Untuk Mulai Bisnis Online.

Setiap pelaku bisnis baik itu didunia nyata maupun didunia maya, pada prinsipnya kita harus memikirkan dan belajar bagaimana memasarkan produk (baik barang maupun jasa), ataupun itu produk kita sendiri maupun produk orang lain. Intinya, harus ada suatu produk yang ditawarkan dan harus memahami dengan pasti produk yang ditawarkan. Dari sinilah harus dipunyai sebuah ide sebagai awal penentu keberhasilan. Tentukan sebuah ide walaupun sederhana (simple) tetapi unik dan bermanfaat serta diminati oleh banyak orang.
Bermula dari ide kita sendiri dan diminati oleh banyak orang, yang terpenting adalah kita senang melakukan dan mengerjakannya serta merasa senang untuk dijalankan dan lagi dapat kita nikmati dengan mendapatkan suatu kepuasan.Beberapa tahapan cara untuk mulai berbisnis di internet, antara lain:
1. Dapatkan Dulu Suatu Tema/Ide Bisnis.
Pada tahap awal hal yang terpenting harus dilakukan adalah mennetukan sutau tema/ide bisnis yang akan dibangun. Dapatkan ide kreatif yang menarik serta layak untuk dijual. Tema dapat dipilih sesuai selera pribadi yang tentunya berbagai macam dalam bentuk apa saja, dan sebaiknya sesuai dengan minat dan keahlian yang kita punyai. Hal tersebut untuk dapat mengantisipasi permasalahan yang mungkin terjadi selanjutnya, sehingga tidak terlalu kecewa dan putus asa dikemudian hari. Dengan memulai dengan yang kita sunangi, biasanya kita kana merasa lebih tertantang untuk mencari solusi jika muncul permasalahan.
2. Analisis Tema/Ide Bisnis Yang Dipilih.
Setelah kita punya berbagai macam ide bisnis, tentunya tidak semua ide tersebut layak untuk dikembangkan di ineternet. Untuk hal tersebut diperlukan analisis serta lakukan penelitian yang dibutuhkan oleh pasar. Cari tahu seberapa banyak tema tersebut dibutuhkan pasar. Tentukan target pasar yang membutuhkannya. Teliti bagaimana rasio kemungkinan pesaingnya. Pikirkan jangkauan pasar terbatas atau seluruh bumi.
3. Kumpulkan Isi Halaman Web.
Tiba saatnya untuk melakukan koleksi data yang akan dijadikan isi (content) halaman web yang akan dibuat. Isinya berbagai macam baik berupa artikel, gambar, video, music dan lain sebagainya namun sebaiknya sesuaikan dengan tema halaman situs.
4. Membangun Halaman Web.
Halaman Web apapun yang akan dibangun, sebaiknya dibuat sendiri atau dapat juga dimintakan ahlinya untuk merancang halaman web. Tapi jika terlalu sulit menguasai pemrograman HTML, JAVASCRIPT, MySQL, dan lain-lain sebaiknya diserahkan pada ahlinya, tentunya harus bayar. Selanjutnya perlu dipikirkan sebuah nama domain yang sesuai dengan tema yang diinginkan.
5. Lakukan Promosi.
Langkah selanjutnya adalah mempromosikan halaman web yang telah dibuat, karena sebagus apapun halaman web yang telah dibangun, tanpa melakukan promosi maka menjadi pekerjaan yang sia-sia, sebab halaman web kita tak ada yang mengunjungi. Ada berbagai cara untuk melakukan promosi yang lazim dilakukan di dunia internet seperti cara berbayar per klik, melalui e-mail, mailing list dan sebagainya.
6. Mempunyai Sikap Fleksibel dan Luwes.
Sebagai publisher harus mampu bersikap fleksibel dan luwes dalam menyikapi masukan dan kritikan konsumen dan pihak-pihak yang terkait. Sebab ditangan konsumenlah kesuksesan usaha yang dibangun dengan susah payah. Karena didunia bisnis perlu diletakkan Pembeli sebagai raja. Jika diperlukan perbaharui halaman web agar konsumen betah mampir ke situs kita.
7. Evaluasi Berkala.
Secara berkala halaman web kita perlu dievaluasi apalagi kalau situs yang diluncurkan tidak menunjukkan peningkatan berarti, oleh karena itu perlu kajian ulang setiap langkah yang telah dilakukan. Jangan buru-buru pula mengganti tema baru, karena belum tentu juga membuahkan hasil. Hal tersebut diperlukan untuk mencegah buyarnya fokus yang sudah dikerjakan. Sebaiknya dipikirkan ulang untuk pembenahan bagi pengunjung setia, karena mereka pun dapat meningkatkan nilai jual halaman web kita.

Market Review: